Survey Reuncong Aceh, Balon Walikota Lhokseumawe Bersaing Ketat

Whatsapp Image 2024 04 21 At 17.01.47 61664448 E1713697525837 Survey Reuncong Aceh, Balon Walikota Lhokseumawe Bersaing Ketat
Dr. Zainal Abidin Badar, SH. M. Hum., CPM. Direktur Eksekutif LSM Reuncong Aceh / Ketua Tim Survey
Bagikan

SatuAceh News – Lhokseumawe | Lembaga Swadaya Masyarakat Reuncong Aceh (LSM Reuncong Aceh) merilis hasil survey Bakal Calon Pemilihan Kepala Daerah (Balon Pilkada) Walikota Lhokseumawe 2024 – 2029 kepada publik.

Survey tersebut dilaksanakan pada 2 s/d 19 April 2024 melibatkan 200 sampel responden yang tersebar di 4 Kecamatan dalam wilayah Kota Lhokseumawe dengan sistem multistage random sampling baik quisioner, observasi maupun wawancara mendalam (interview) terhadap responden.

Fidyah Puasa Ramadhan

Dr. Zainal Abidin Badar, SH., M. Hum., CPM dalam kedudukannya sebagai Ketua Tim Survey sekaligus Direktur Eksekutif LSM Reuncong Aceh kepada media menuturkan bahwa dari hasil survey terungkap animo besar masyarakat Lhokseumawe terhadap Pilkada Walikota Lhokseumawe November 2024 mendatang.

Tingginya harapan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, satu diantaranya adalah kondisi Kota Lhokseumawe dalam 15 Tahun terakhir yang dianggap oleh publik sedang tidak baik-baik saja, baik tingkat kesejahteraan, lapangan pekerjaan, tata kelola pemerintahan sampai dengan penerapan Syari’at Islam yang dinilai masih cukup jauh dari harapan.

Whatsapp Image 2024 04 21 At 17.01.47 61664448 E1713697525837 Survey Reuncong Aceh, Balon Walikota Lhokseumawe Bersaing Ketat
Dr. Zainal Abidin Badar, SH. M. Hum., CPM. Direktur Eksekutif LSM Reuncong Aceh / Ketua Tim Survey

Berdasarkan kondisi riel Kota Lhokseumawe dalam 15 Tahun terakhir tersebut muncul harapan perbaikan dan perubahan secara sigifikan melalui Pilkada mendatang agar Lhokseumawe dipimpin oleh Walikota yang visioner, mapan dan mampu membangun hubungan Lhokseumawe, Aceh, Jakarta dan Luar Negeri sehingga Lhokseumawe yang dulu dikenal dengan sebutan ‘ petro dolar ‘ kembali pada kehidupan dan maknanya, baik perekonomian, kesejahtraan maupun kedamaian warganya.

Dari survey tersebut juga terungkap sejumlah nama yang dianggap potensial memimpin sebagai Walikota Lhokseumawe ke depan dengan berbagai latar belakang baik politisi, pengusaha dan praktisi mumpuni.

Diantara nama-nama tersebut adalah H. Fathani Pengusaha Kota Lhokseumawe, Muhammad Yasir Politisi Partai Aceh, dr. H. Purnama Setia Budi, Sp. OG Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) PKS, dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan serta pegiat kemanusiaan lembaga Purnama Care Foundation.

Kemudian Sayuti Abu Bakar, Praktisi Hukum, Azhari Owner Klinik Vinca Rosea, Yusuf Muhammad Ex. Wakil Walikota Lhokseumawe, dan Muhammad Nur Owner Water Boom Blang Mangat Ceria.

Selain nama-nama yang dianggap potensial diatas juga muncul nama lain dalam survey seperti H. Zarkasyi Pengusaha Muara Satu, Ismail A. Manaf Ex. Ketua DPRK Lhokseumawe, dan Azhar Mahmud politisi NasDem.

Muncul nama dr. Purnama Setia Budi, Sp.OG dalam bilangan survey mengejutkan sejumlah pihak. Sosok ceria nan humble ini dikenal luas sebagai anggota DPRA 2019 – 2024 daerah pemilihan Bireuen.

Padahal dr. Pur (begitu akrap disapa) merupakan putra asli Lhokseumawe, lahir dan dibesarkan di Kota petro dolar, namun sukses meniti karir di Bireuen termasuk karir politik.

“Survey ini sengaja dibuat untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Lhokseumawe terhadap daerahnya disamping mengukur figur harapan publik bakal calon pemimpin ke depan“, ungkap Dr. Zainal Abidin Badar didampingi Staff Azhari, Ahad. 21/04/2024.

Menurut Dr. Zainal Abidin Badar pula pihaknya akan trus melakukan kegiatan survey serupa sampai jelang Pilkada November 2024 mendatang untuk mengetahui trend dari masing-masing figur harapan publik disamping mengetahui harapan dan perilaku pemilih sendiri.

Akan tetapi apapun itu publik Lhokseumawe berharap besar akan adanya perubahan signifikan di Kota Lhokseumawe melalui Pilkada mendatang dan mendekatkan mereka pada kesejahteraan yang sesungguhnya. (RED/AFA)

Fidyah Puasa Ramadhan

Bagikan