Pengamanan Pemilu 2024, Korem 011/Lw Siapkan Pasukan Khusus TNI, Apel Kesiapan Pasukan Berlangsung di Lhokseumawe

Img 20240202 Wa0061 Pengamanan Pemilu 2024, Korem 011/Lw Siapkan Pasukan Khusus Tni, Apel Kesiapan Pasukan Berlangsung Di Lhokseumawe
Apel Kesiapan Pasukan Gabungan TNI di Lapangan Sudirman, Korem 011/Lilawangsa Lhokseumawe, Aceh. (Foto : Ist)
Bagikan

SatuAcehNews | Lhokseumawe – Korem 011/Lilawangsa siapkan pasukan khusus TNI dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, khususnya di wilayah Korem setempat. Apel kesiapan pasukan dan kelengkapan dalam pengamanan itu juga sudah digelar.

Berlangsung di lapangan Sudirman Korem 011/Lilawangsa di Lhokseumawe, Aceh, apel tersebut diikuti TNI AD, AU, dan AL, dipimpin langsung oleh Danrem 011/Lilawangsa, Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, pada Jum’at (02/02/2024).

Sertifikat Halal Gratis Aceh

Gelar apel pasukan pengamanan Pemilu ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dan kelengkapan personil TNI dan materil yang akan digunakan nantinya.

Dalam arahannya, Danrem mengatakan, pentingnya Pemilu 2024 bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, termasuk di Provinsi Aceh dapat berlangsung aman seperti yang diharapkan bersama.

“Kenapa dikatakan sangat penting, karena pada saat inilah seluruh rakyat Indonesia akan memilih Presiden, Wakil Presiden dan wakil-wakil Rakyat untuk memimpin memajukan negeri ini,” kata Danrem, Kolonel Kav Kapti Hertantyawan.

Img 20240202 Wa0067 Scaled Pengamanan Pemilu 2024, Korem 011/Lw Siapkan Pasukan Khusus Tni, Apel Kesiapan Pasukan Berlangsung Di Lhokseumawe
Pengecekan Kesiapan Personel dan Materil Dalam Pengamanan Pemilu 2024. (Foto : Ist)

Menurutnya, Pemilu bukan sekedar edukasi demokrasi, tetapi juga merupakan sarana integrasi bangsa yang harus dikawal penyelenggaraannya sebagai perekat persatuan.

Masyarakat juga harus tahu bahwa tugas tanggungjawab dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu bukan hanya TNI Polri, tetapi seluruh rakyat Indonesia termasuk masyarakat di Provinsi Aceh, bisa menjadi contoh bersama-sama menyukseskan Pemilu dengan damai.

Dalam hal ini Danrem juga menjelaskan bahwa sesuai dasar Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004, prajurit TNI harus Netral dan tidak boleh memihak maupun mendukung kontestan manapun, implementasi netralitas TNI dalam pemilu nyata.

“Apabila ada prajurit TNI kita yang melanggar, pastinya akan ada Punishment berat sesuai aturan yang berlaku. Seperti arahan Pangdam Iskandar Muda, TNI tetap netral dalam pemilu, tetapi apabila ada prajurit kita yang tidak Netral maka akan diproses hukum dan ditindak tegas,” imbuh Danrem.

Salah satunya akan dikenakan dengan pasal 103 KUHPM yaitu melanggar aturan kedinasan dengan sanksi hukuman kurangan 2,4 tahun dan akan diproses di pengadilan Militer.

Diakhir kegiatan, Danrem 011/Lilawangsa bersama Danlanal Lhokseumawe, Kasrem 011/Lw, Dansatradar 231 Lhokseumawe, Dandim 0103/Aceh Utara, dan Dandenpom IM/I Lhokseumawe, melakukan pemeriksaan kesiapan personel dan materil dalam pengamanan Pemilu 2024.

Pengecekan juga dihadiri dan diikuti Danki Kopasgat Aceh Utara dan para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, Komandan Satuan Dinas Jawatan dan Perwira Staf Korem 011/Lilawangsa yang hadir. (CSB)

Sertifikat Halal Gratis Aceh

Bagikan