Kapolsek Nibong Isi Khutbah Jum’at, Menghimbau Masyarakat Waspadai Kejahatan Digital Post Truth

Img 20231110 Wa0016 Kapolsek Nibong Isi Khutbah Jum'At, Menghimbau Masyarakat Waspadai Kejahatan Digital Post Truth
Kapolsek Nibong, Ipda Agus Maulizar, saat menyampaikan Khutbahnya di Mesjid Istiqlal Desa Seulunyok. (Foto : Ist)
Bagikan

SatuAcehNews | Aceh Utara – Kapolsek Nibong, Ipda Agus Maulizar, kembali menyampaikan khutbahnya saat menjadi khatib Jum’at. Kali ini, berlangsung di Mesjid Istiqlal di Desa Seulunyok, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, Jum’at (10/11/2023).

Khutbah tersebut disampaikan sebagai bentuk melaksanakan giat simpatik berupa khutbah Jum’at dalam rangka memberikan himbauan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Sertifikat Halal Gratis Aceh

Juga tak terlepas untuk menyambung tali silaturahmi antara pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Nibong dengan masyarakat, guna terpeliharanya Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Nibong serta meningkatkan sinergitas dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian khususnya di wilayah hukum Polsek Nibong.

Dalam khutbahnya, Perwira Pertama jajaran Polres Aceh Utara berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) itu menyampaikan tentang Managemen kepemimpinan Rasulullah Nabi Muhammad SAW dan peran para sahabat secara saintis dalam kepemimpinan Nabi.

“Menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap kejahatan digital seperti post truth, penyebaran berita bohong yang dilakukan berulang-ulang hingga menimbulkan kepercayaan publik,” demikian Ipda Agus dalam khutbahnya.

Lebih lanjut ia mengingatkan jama’ah terhadap kejahatan Digital melalui media sosial seperti Deep Fake yang adalah teknologi manipulasi audio dan video yang mirip aslinya.

“Contohnya, seseorang dapat terlihat seperti melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak mereka lakukan. Yang perlu kita tahu bahaya defect ini sangat besar mereka dapat menipu, memfitnah bahkan merusak reputasi seseorang,” ujarnya.

Dalam hal inipun untuk cara melindungi dari bahaya deep Fake, kata Ipda Agus, kita harus meningkatkan kesadaran dan lalu mengidentifikasi tanda dari Deep Fake. “Jelang pemilu jangan mudah terpengaruh dengan berita bohong dan sebagainya,” himbaunya.

Ia berharap, siapapun yang akan terpilih nantinya baik Pemimpin ditingkat Pusat, daerah maupun kewilayahan adalah yang terbaik untuk semua. Hindari perpecahan, karena pasti akan ada pemimpin yang terpilih tidak akan sesuai dengan semua keinginan.

Yang penting, menurutnya, berikan pilihan yang terbaik tanpa memfitnah atau menyebar hoax demi untuk memenangkan dukungan masing-masing.

“Kita tetap wajib mengikuti kepemimpinan pemimpin terpilih nantinya, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah di dalam Surat An-Nisa ayat 59, wajib patuh dan taat kepada pemimpin terpilih,” demikian Ipda Agus pada khutbahnya.

Adapun pada shalat Jum’at berjama’ah ini selain dihadiri pihaknya, juga dihadiri Imum Chik Mesjid Istiqlal, Tgk Zulkifli, BKM Mesjid Istiqlal, Imum Mukim, Para Geuchik di Kecamatan Nibong, Personel Polsek Nibong, dan para jama’ah shalat Jum’at. (CSB)

Jurnalis | Editor: Chairul Sya’ban

Sertifikat Halal Gratis Aceh

Bagikan