Kompas Isi Safari Subuh dan Dzikir Bersama Pekan Ke 52 di Masjid Maghfirah Desa Kumbang

Img 20230930 Wa0015 Kompas Isi Safari Subuh Dan Dzikir Bersama Pekan Ke 52 Di Masjid Maghfirah Desa Kumbang
Keterangan Foto : Para jama'ah safari subuh dan dzikir bersama di Masjid Maghfirah Gampong Kumbang, Kecamatan Baktiya. (Foto : Ist)
Bagikan

SatuAcehNews | Aceh Utara – Jama’ah safari subuh yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh Utara kembali menggelar safari subuh dan dzikir bersama.

Kali ini, safari subuh pekan ke-52 itu berlangsung di Mesjid Baitul Maghfirah di Gampong (desa) Kumbang, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (30/09/2023).

Sertifikat Halal Gratis Aceh

Ketua Kompas Aceh Utara, Ir. Muhammad Hatta, SST. MT, mengatakan, tujuan kegiatan tersebut yang digelar setiap Sabtu pada waktu subuh dalam rangka mensyi’arkan gerakan subuh berjamaah yang dibarengi dengan dzikir bersama di Bumi Malikussaleh Aceh Utara.

Lebih lanjut pria yang disapa Bung Hatta ini menambahkan, safari subuh Kompas untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada para pemuda untuk dapat mengisi acara safari subuh.

Picsart 23 10 01 08 19 23 089 Kompas Isi Safari Subuh Dan Dzikir Bersama Pekan Ke 52 Di Masjid Maghfirah Desa Kumbang
Keterangan Foto : Desain spanduk Kompas Safari Subuh dan Dzikir Bersama. (Foto : Ist)

“Alhamdulillah selama satu tahun lebih berjalan Safari Subuh Kompas ternyata banyak pemuda yang mampu bahkan melebih ekspektasi untuk mengisi acara safari subuh seperti muazzin, imam, MC, penceramah dan memimpin zikir. Intinya pemuda harus di beri ruang dan kesempatan,” ujar Bung Hatta.

Shalat subuh berjamaah bukan hanya untuk meningkatkan amalan ibadah, melainkan juga dapat memperkuat ukhuwah dan mempererat tali silaturrahmi diantara pemuda maupun para jamaah.

“Tiada kesuksesan tanpa perjuangan, tiada perjuangan tanpa persatuan, tiada persatuan tanpa kebersamaan, dan tiada kebersamaan tanpa adanya silaturrahmi,” imbuh Bung Hatta didampingi Wakil Ketua, H. Zulfitri, SKM. M.Kes dan Sekretaris, Shaifuddin Fuady, S.Ag. MA.

“Karena meunyoe hajat keu teuga beu tatem meu saboh dan meunyoe hajat keu jroeh beu seureng-seureng silaturrahmi,” terang Koordinator Humas dan Kerjasama Politeknik Negeri Lhokseumawe ini yang juga Wakil Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kota Lhokseumawe.

Suami dari Cut Ramadhani itupun menyebutkan, pengurus Kompas selalu mengajak generasi muda untuk mensukseskan setiap kegiatan safari subuh, baik safari subuh Tadzkiratul Ummah (TU) Aceh Utara di setiap hari minggu maupun Safari Subuh Kompas Aceh Utara di setiap hari sabtu.

Karena dengan shalat subuh berjamaah akan membentuk generasi muda yang memiliki disiplin tinggi. Sehingga setiap subuh di masjid bukan hanya dipenuhi oleh generasi tua saja, namun anak-anak muda juga harus bangkit untuk mengisi saf-saf terdepan dan terus berkarya.

Menurutnya, generasi muda adalah solusi dan motor penggerak untuk perubahan di masa depan, karena pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok. Dan ini sesuai dengan pepatah Aceh yang mengatakan Koeng pageu kareuna geurundong dan koeng gampong kareuna aneuk muda.

Pihaknya yakin, jika generasi mudanya disiplin, bangun pagi untuk shalat subuh berjamaah, Insya Allah akan terbentuk generasi muda yang tangguh di Bumi Pase Aceh Utara.

Hatta yang juga Wakil Ketua DPD KNPI Aceh Utara menyampaikan, kegiatan safari subuh Kompas setiap sabtu selalu diisi dengan ceramah dan dzikir bersama.

“Kami yakin dengan berzikir hati menjadi lebih tenang dan tenteram, dengan subuh berjamaah juga akan membuka pintu rahmat dan rezeki, karena salah satu kiat meraih kesuksesan adalah dengan mengawali hari dengan shalat subuh berjamaah,” tukas dia.

Adapun pada kesempatan itu, dzikir dipimpin oleh Tgk. Zulkarnaini Ismail yang merupakan adinda dari Walidi Imam Besar Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon yang juga alumni Dayah Darul Huda Lueng Angen Langkahan serta menantu dari Abi Tanjung Dalam Langkahan.

Tgk Zulkarnaini didampingi oleh Tgk. Hasboh Razali Lhoksukon (Koordinator Safari Subuh Tadzkiratul Ummat) dan Tgk. M. Nasir dari Kecamatan Langkahan.

Sedangkan MC oleh Tgk. Murhaban, SH (peraih penghargaan Penyuluh Award Aceh 2023 dan peraih 10 Penerima Penghargaan Nominasi Penyuluh Agama Islam Award 2023 Kemenag RI).

Untuk Imam dipimpin oleh Tgk. Azzuhdi Al Hafizh dari Dayah Ar Raudhah Mns. Asan AB Lhoksukon. Sedangkan penceramah diisi oleh Tgk. T. Zulfadli yang lebih dikenal dengan Waled Landeng (Ketua PC NU Aceh Utara, Sekjend Tastafi Aceh Utara dan Pimpinan Dayah Keumaral Al Aziziyah Landeng Lhoksukon). Dan muazzin oleh Tgk. Zulkhairi, SH. (CSB)

 

Jurnalis | Editor : Chairul Sya’ban

Sertifikat Halal Gratis Aceh

Bagikan