Dukung Transformasi Energi, PLTU 1-2 Nagan Raya Ujicoba Co-Firing Biomassa Sekam

Img 20230816 Wa0013 Dukung Transformasi Energi, Pltu 1-2 Nagan Raya Ujicoba Co-Firing Biomassa Sekam
Bagikan

SatuAceh NewsPT PLN Nusantara Power Unit Pelaksana Pembangkitan PNP UPK Nagan Raya terus berupaya mendukung program Transformasi Energi dan Nett Zero Emission pada tahun 2060. Komitmen tersebut dengan melakukan Uji Coba Co-Firing menggunakan Biomasa Sekam Padi dan Sawdust.

Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Nagan Raya, Zulfan Idris Kaban mengatakan, keberhasilan program Co-Firing dalam menekan emisi karbon menjadi latar belakang untuk meningkatkan porsi EBT sebagai pengganti batubara.

Fidyah Puasa Ramadhan

PLTU Nagan Raya dengan kapasitas 2×110 MW telah berhasil mengkonversi sebagian batubara dengan biomassa sejak tahun 2022 menggunakan lebih dari 10.600 ton biomassa cangkang sawit sebagai bahan baku co-firing.

Target ujicoba mencapai realisasi rata-rata sebesar 3%, bahkan memproduksi hingga 13.231 MWh green energy.

Co-Firing Pltu Nagan Raya

Pada uji coba kali ini dengan menggunakan Sawdust dan Sekam Padi yang mana secara kualitas bahan bakar kalori yang dimiliki Sawdust dan Sekam Padi mencapai 3.500 kcal/kg.

Dari uji coba yang dilaksanakan PLN Nusantara Power UPK Nagan Raya didapatkan hasil pembakaran 5% dan 10% pada masing-masing biomassa dapat berjalan dengan baik.

Tidak ada perubahan parameter operasional yang signifikan antara biomassa dengan batu bara yang dapat dilihat dari parameter teknis yang ditunjukkan.

Co-Firing Sekam Pltu Nagan Raya

Bahan baku biomassa yang digunakan berasal dari sumber daya lokal yang berasal dari perkebunan dan pertanian di Kabupaten Nagan Raya. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Fidyah Puasa Ramadhan

Bagikan