Dzikir Menggema di Aceh Utara Sambut HUT RI Ke-78

P Img 20230818 Wa0037 Dzikir Menggema Di Aceh Utara Sambut Hut Ri Ke-78
Dzikir dan Doa Bersama menyambut HUT RI ke 78 di Kabupaten Aceh Utara. (Foto : Bagian Humas Pemkab Aceh Utara)
Bagikan

SatuAcehNews | Aceh Utara – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar Dzikir dan doa bersama. Berlangsung di halaman kantor Bupati setempat, Jum’at (18/08/2023) pagi.

Dihadiri para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para SKPK dan para pelajar. Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, MSi, menyampaikan, bahwa melantunkan Dzikir sebagai sebuah bentuk ketaatan Kita kepada Allah SWT.

Fidyah Puasa Ramadhan

Mengutip Siaran Pers Bagian Humas Pemkab Aceh Utara, Dzikir dilaksanakan seusai pelaksanaan Peringatan HUT RI ke-78 untuk kembali mengingat sebagaimana kalimat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur”.

P Img 20230818 Wa0033 Dzikir Menggema Di Aceh Utara Sambut Hut Ri Ke-78
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, saat menyampaikan sambutannya pada Dzikir dan Doa Bersama. (Foto : Bagian Humas Pemkab Aceh Utara)

“Kalimat tersebut mengingatkan kita, bahwasanya Kemerdekaan yang kita raih 78 tahun yang lalu adalah berkat rahmat Allah SWT. Selanjutnya baru para pendiri Bangsa, meletakkan kalimat; dan dengan didorong oleh keinginan luhur,” kata Mahyuzar.

Selain itu, Dzikir ini juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas semua jasa pahlawan yang memiliki keinginan luhur, agar Bangsa Indonesia Merdeka. Kemerdekaan RI sesungguhnya adalah sebuah anugerah yang Allah berikan kepada Bangsa Indonesia.

Disampaikan Mahyuzar, anugerah yang diberikan sejalan dengan perjuangan para Ulama dan Ummat Islam yang ikut bertempur. Para pejuang kemerdekaan RI tersebut memiliki semangat Hubbul Wathan, mencintai tanah air yang diajarkan Islam.

“Pagi hari ini, sebagai generasi penerus bangsa, kita tidak boleh terpisah dari spiritual Islam. Karena semangat keislaman dalam dada para pejuang kemerdekaan, maka Allah SWT menurunkan berkah kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa generasi bangsa saat ini harus terus menanamkan nilai-nilai Islami dalam setiap sisi aktivitas hariannya. “Kita mulai dari anak didik dari jenjang pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, jenjang pendidikan menengah serta jenjang pendidikan tinggi,” imbuh Mahyuzar.

Maka, seluruh lembaga pendidikan di Aceh Utara akan memulainya dengan Dzikir. Dzikir ini, menurut Mahyuzar, merupakan tonggak awal pelaksanaan Dzikir pada semua lembaga pendidikan di Aceh Utara.

“Dengan kegiatan Aceh Utara Berdzikir, kita berharap akan terwujud Bumi Malikussaleh sebagai Kabupaten berdzikir. Yakni Kabupaten yang Bersyariah, Zona Sejarah, Islami, Kreatif, Inovatif dan Responsif,” tutur Mahyuzar.

Selanjutnya, sambung Mahyuzar lagi, setiap pagi harinya sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Utara akan memulai proses pembelajaran dengan berdzikir. Sehingga anak-anak didik sebelum memulai pembelajaran, terlebih dahulu mendapatkan siraman rohani dengan Dzikir kepada Ilahi Rabbi.

P Img 20230818 Wa0014 Dzikir Menggema Di Aceh Utara Sambut Hut Ri Ke-78
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos, M.Pd, menyampaikan sambutannya pada Dzikir dan Doa Bersama. (Foto : Bagia Humas Pemkab Aceh Utara)

Hal senada disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos, M.Pd. Pihaknya berharap dengan kegiatan ini akan dapat mewujudkan Bumi Malikussaleh sebagai Kabupaten Berdzikir.

“Alhamdulillah pada hari ini hadir para siswa/i dari seluruh jenjang Pendidikan di Aceh Utara, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/ SMK/MA. Juga dihadiri para ASN dalam lingkungan Kabupaten Aceh Utara beserta unsur masyarakat di Aceh Utara lainya. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Dzikir mencapai 20 ribu peserta,” sebut Jamaluddin.

Dengan kegiatan Dzikir ini, diharapkan akan menanamkan nilai-nilai Islami dalam jiwa para generasi penerus bangsa di Kabupaten Aceh Utara. Sehingga setiap aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan di Aceh Utara akan selalu mendapatkan Berkah dari Allah SWT.

“Kami memohon kepada bapak Pj Bupati Aceh Utara untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada kami pada acara zikir di pagi hari ini,” ucap Jamaluddin. (CSB/Rls)

Fidyah Puasa Ramadhan

Bagikan